Rabu, 01 Februari 2017

Tujuh Manfaat Jus Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Kita

Tujuh Manfaat Jus Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Kita


Tujuh Manfaat Jus Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Kita Buah yang terkesan menjijikan ini ternyata memiliki segudang manfaat dasyat bagi kesehatan tubuh manusia, ialah buah mengkudu

 Buah mengkudu yang memiliki nama latin Morinda Citrifolia dan termasuk kedalam keluarga Rubiaciae. 


Di Indonsesia sendiri bauh mengkudu mempunyai banyak nama, namun tahukah anda kalau orang-orang barat menyebut buah ini dengan nama noni. Tanaman yang tumbuh di dataran rendah hingga mencapai ketinggain 1500m dan rata-rata tinggi pohon mengkudu bisa mencapai 3 sampai 8 meter. 

Buahnya merupakan buah majemuk, buah yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua buah ini berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Bah yang katanya menjijikan ini ternyata memiliki banyak manfaat, tapi sebelum kita membahas tentang manfaat buahmengkudu ada baiknya kita mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam buah mengkudu.


Kandungan dalam Buah Mengkudu

Zat Nutrisi : Buah mengkudu termasuk salah satu buah yang meiliki kandungan gizi yang lengkap, diantaranya adalah zat nutrisi. Zat nutrisi sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain zat nutrisi gizi-gizi yang terkandung dalam buah mengkudu adalah, protein, vitamin, serta mineral penting. Selenium yang terdapat pada buah mengkudu berperan sebagai zat antioksidan yang sangat baik.

Terpenoid : Zat terpenoid adalah zat yang berguna untuk pemulihan sel-sel pada tubuh dan juga dapat membantu proses sintesis organic.Zat Anti Bakteri : Di dalam sari buah mengkudu terdapat zat-zat aktif yang sangat berguna untuk membunuh bakteri penyebab infeksi, misalnya Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis. Tidak hanya itu zat aktif yang terdapat di sari buah mengkudu juga berguna untuk mengontrol bakteri pathogen (bakteri yang mematikan) seperti S. typhi, Salmonella montividio dll.Zat Anti Kanker : Buah mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang dapat membunuh sel-sel abnormal.

Manfaat Juas Buah MengkuduSebagai daya tahan tubuh, buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna antara vitamin dan zat lainnya seperti, asam amino, mineral, enzim dan peptida, semua zat tersebut berperan sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Menurut penelitian, buah mengkudu memiliki banyak antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang artinya meminum jus buah mengkudu dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas.Anti inflamasi, zat yang terdapat dalam buah mengkudu dapat membuat anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya peradangan, hingga membantu mencegah serangan jantung.

Analgesik, atau juga bisa di sebut morfin untuk menghilangkan rasa sakit, sudah di kenal sejak dulu mengkudu memiliki khasiat sebagai pereda nyeri, tak hanya buahnya daun mengkudu juga di kenal untuk menghilangkan rasa sakit kepala. Kandungan analgesik dalam buah mengkudu mencapai 75%.Anti Kanker, peneltian menyebuatkan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang baik untuk mencegak kerusakan DNA dan kanker, serta dapat memelihara sel-sel dalam tubuh.

Hipertensi, mengkonsumsi buah mengkudu dalam bentuk apapun sangat di anjurkan untuk mencegah terjadinya hipertensi, baik itu dalam bentuk jus, buah, ataupun suplement, darah juga akan lebih stabil.Mengobati tumor dan kanker aktif, kandungan dalam buah mengkudu dapat menghentikan suplai untuk sel-sel tumor dan kanker, maka dari itu, tumor dan kanker dapat dibantu pengobatannya dengan buah mengkudu ini.

Melancarkan pencernaan, mengkonsumsi buah mengkudu secarateratur dapat membantu mengobati sakit perut, mual, muntah, radang lambung, luka pada usus dsb, semua masalah ini dapat disembuhkan dengan buah mengkudu.

Sebenarnya masih banyak khasiat luar biasa dari jus buah mengkudu, dari yang kita lihat di atas, betapa luar baiasanya khasiat buah mengkudu, maka dapat menjadi sebuah pertimbangan jika nantinya meminum jus mengkudu terlebih dahulu sebelum kita pergi ke dokter.

Baca : Cara Membuat Jus Mengkudu Agar Tidak BauDemikianlah artikel tentang Tujuh Manfaat Jus Buah Mengkudu, semoga artikel ini dapt bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.Salam Sehat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar